Sumber Informasi

Menyediakan berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat serta belajar bersama secara online

Translate This Page UK flag | Mobile Version

Hati-hati Salah Dalam Mengucapkan dan Menulis Salam

Hati-hati Salah Dalam Mengucapkan dan Menulis Salam
Hati-hati Salah Dalam Mengucapkan dan Menulis Salam
Dalam Islam, Salam adalah ibadah, sunnah bagi yang menyampaikannya dan wajib menjawab bagi yang menerimanya/mendengarnya. Namun, sering penulisan salam ini tidak diperhatikan dan sering disingkat sehingga artinya menjadi berbeda.

Mungkin tidak jadi masalah jika kita menyingkat Salam baik dari segi lisan maupun tulisan yang mempunyai arti masih berkategori "mendoakan kesejahteraan", tapi bagaimana kalau Salam yang kita singkat ternyata artinya menghina atau melecehkan? Maka dari itu silahkan simak penulisan Salam yang benar berikut ini.
    Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa topik artikel ini sudah banyak yang membahas, baik di Internet maupun di Sekolah. So, saya hanya menyampaikan apa yang telah saya dapatkan agar sobat Muslimin dan Muslimat semua terutama pengunjung blog Sumber Informasi yang berAgama Islam menjadi tau betapa pentingnya pengucapan dan penulisan Salam yang benar.

Memberi Salam lewat lisan
Pernah mendengar orang memberi Salam seperti ini? "Assaamu'alaikum..", biasanya yang mengucapkan Salam seperti itu adalah orang Non-Islam. Tau apa artinya??
Pernah diriwayatkan ketika zaman Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam, ada seorang Yahudi yang memberi salam kepada Nabi Muhammad yang berbunyi "Assaamu'alaika ya Muhammad..", yang atinya "semoga kematian dilimpahkan kepadamu..".
Jadi, dengan hilangnya huruf "L" sehingga menjadi "Assaamu" artinya adalah "Kematian".
Maka Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam berkata, "Kalau orang kafir mengatakan kepadamu Assaamu'alaikum, maka jawablah Wa'alikum (Dan atas kalian pula)." [HR. Bukhari].

Dengan hilangnya huruf "L" saja artinya sudah beda jauh, bagaimana dengan zaman sekarang yang sering menyingkat Salam yang sangat singkat seperti "As", "Ass", "Askum", "Mikum" dan lain sebagainya?? Simak lagi berikut ini.

Memberi Salam lewat tulisan
Penulisan Salam kita juga harus berhati-hati, karena lain tulisan lain pula artinya.
    1. As = orang bodoh ; keledai
    2. Ass = pantat
    3. Askum = celakalah kamu
    4. Assamu = racun
    5. Samlekum = matilah kamu
    6. Salom/syalom= dari bahasa Ibrani untuk sesama kristen dan ada 263 kata di dalam kitab perjanjian lama dan perjanjian baru.
    7. Mikum = dari bahasa Ibrani, artinya Mari Bercinta
Dari list singkatan Salam di atas, mungkin ada di antara satu yang sering kita sampaikan cara penulisannya. Nah, setelah Anda mengetahui artinya, apakah Anda masih tega memberi Salam kepada saudara atau teman dengan penulisan seperti itu??

Penulisan Salam yang benar
Apapun kondisi, waktu, keadaan, jika kita ingin memberi Salam maka ikutlah peraturan di dalam Agama Islam dengan menuliskan yang seharusnya. Kalaupun ingin menyingkat Salam, singkatlah yang seperti diajarkan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam yaitu Assalaamu'alaikum ("semoga sejahtera atas mu"), untuk 10 pahala, atau seperti ini Assalaamu'alaikum warohmatullah untuk 20 pahala, atau lebih lengkap Assalaamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh untuk 30 pahala.

Seperti apa kelebihan, manfaat serta keutamaan Memberi Salam? Apa saja rahasia tentang Do'a sederhana ini? Nantikan pada artikel berikutnya.

Demikian ulasan sederhana tentang Salam yang berjudul Hati-hati Salah Dalam Mengucapkan dan Menulis Salam.
Bila Anda memiliki pendapat lain selain yang telah disebutkan di atas silahkan dibagikan di blog ini.
Seperti biasa untuk kritik dan saran silahkan berkomentar.
Akhir kata, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan dan terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat smile

Artikel Terkait

Tulis Komentar



Untuk mendapatkan artikel terbaru segera Daftarkan Email Anda.

Comments

Tulis Komentar di artikel Hati-hati Salah Dalam Mengucapkan dan Menulis Salam
Nama :

Surel :

Situs url :

Komentar :

Kode : 1jq80


Bbcode HIDUP | Smiley HIDUP
Pencarian

Blog Judul Komentar
 
Arsip
Statistik
Online : 6
Hits: 1207/5329032
Hosts: 195/1730739