Sumber Informasi

Menyediakan berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat serta belajar bersama secara online

Translate This Page UK flag | Mobile Version

Membuat Website Jangan Pusing Dengan HTML, CSS, Javascript, PHP

website Artikel ini merupakan lanjutan dari komentar saya di salah satu Group Facebook.
Ada salah satu anggota sedang bingung bahkan pusing tentang membuat website, permasalahannya adalah kapan ia harus menggunakan HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Dia pusing karena terlalu banyak bahasa pemrograman.

Jika Anda atau ada orang lain yang memiliki masalah yang sama dengan permasalahan tadi, saya berharap artikel ini dapat membantu.
Sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa HTML dan CSS bukanlah bahasa pemrograman. Namun, ke dua bahasa tersebut merupakan dasar dari sebuah website yang selalu atau bahkan harus ada pada website. Mungkin hal inilah yang membuat sebagian orang bingung, sudah mempelajari HTML, CSS, Javascript, PHP, malah jadi bingung kapan dan di mana untuk menggunakannya.
Mari kita bahas lagi tentang bahasa kode website agar kita lebih mengerti dalam mengimplementasikannya.
1HTML - CSS - Javascript - PHP


1. HTML
HTML bukanlah bahasa pemrograman melainkan hanya bahasa markah (Markup Language), tapi HTML sangat berperan penting sebagai tubuh sebuah website.
Kapan kita harus menggunakan HTML? Selalu, untuk membuat website kita harus selalu menyertakan tag HTML.
Untuk sebuah halaman web sederhana saja paling tidak kita menuliskan kode HTML seperti berikut.
[code]

Belajar Membuat Website


Hallo World!



[/code]
Jadi, tidak ada alasan lagi tidak menggunakan HTML.
Sekarang HTML sudah versi 5 yaitu HTML5.

2. CSS
Sama seperti HTML, CSS juga bukan bahasa pemrograman melainkan hanya StyleSheet Language atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah "Bahasa Gaya Layar/Tampilan". Pada umumnya sebuah website juga tidak terlepas dari CSS karena untuk suatu tampilan menarik dapat ditangani menggunakan CSS.
Kapan kita harus menggunakan CSS? Jika kita ingin sebuah website menarik dipandang mata dengan tata letak yang rapi saatnya kita menggunakan CSS.

3. Javascript
Sebagian orang juga tidak menganggap Javascript sebagai bahasa pemrograman dan lebih familiar dengan sebutan bahasa scripting.
Javascript bekerja di sisi klien (Client Side), jadi pemrosesannya juga diproses melalui browser seperti CSS.
Kapan kita harus menggunakan Javascript?
Pahami dan perhatikan dulu website kita, fitur apa saja yang akan kita tambahkan.
Misalnya untuk validasi form atau misal ingin sebuah gambar akan disembunyikan dari tampilan pada saat button ditekan, maka Javascript dapat membantu dalam menangani event seperti itu dan di sinilah kita perlu menggunakan Javascript.

4. PHP
Nah, kalau ini baru salah satu bahasa pemrograman dari beberapa yang sudah ada sekarang seperti Java, Ruby, Phyton, dll . PHP merupakan singkatan dari "Hypertext Preprocessor" yang bekerja dari sisi server (Server Side), artinya data akan diproses melalui web server bukan seperti Javascript atau CSS yang diproses oleh browser.
Kapan kita harus menggunakan PHP?
Website dinamis biasanya tidak terlepas dari penyimpanan/pengambilan data, perintah-perintah logika juga hampir tidak ketinggalan, dan di sinilah kita membutuhkan script PHP.

Sekarang kita dapat menyimpulkan bahwa HTML, CSS, Javascript, dan PHP mempunyai masing-masing kelebihan.
Kita tidak perlu bingung lagi harus menggunakan Javascript atau tidak, pakai PHP atau tanpa PHP, tinggal diperhatikan saja fitur website yang akan dibuat.
Contohnya blog ini, sistemnya dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, event seperti spoiler dibantu dengan Javascript, tampilan di sesuaikan menggunakan CSS, dan kerangka atau tubuh disusun menggunakan HTML.
Jadi 4 bahasa kode website yang telah disebutkan di atas dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan dalam merancang website modern.
Semoga dengan artikel Membuat Website Jangan Pusing Dengan HTML, CSS, Javascript, PHP tidak ada lagi rasa pusing atau kebingungan dalam menerapkan bahasa kode website.

Artikel Terkait

Tulis Komentar



Untuk mendapatkan artikel terbaru segera Daftarkan Email Anda.

Comments

Tulis Komentar di artikel Membuat Website Jangan Pusing Dengan HTML, CSS, Javascript, PHP
Nama :

Surel :

Situs url :

Komentar :

Kode : 2y5eh


Bbcode HIDUP | Smiley HIDUP
Pencarian

Blog Judul Komentar
 
Arsip
Statistik
Online : 7
Hits: 1191/5329016
Hosts: 195/1730739