Sumber Informasi

Menyediakan berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat serta belajar bersama secara online

Translate This Page UK flag | Web Version

Tutorial itu apa sich? Ini jawabannya

By | View: 30221 | Kategori: arti | Label: Tutorial, Arti kata, Pengertian, Apa itu
Dipublikasikan pada:
tutorialJika Anda adalah seorang yang suka mencari informasi atau belajar sesuatu melalui Internet, kata Tutorial pasti sering Anda lihat. Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan tutorial? Jika tidak, silahkan simak berikut ini.


Tutorial - tutorial atau tutoring itu adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh Tutor.
Akademik - akademik atau akademis adalah "bersifat teori", "bersifat ilmiah", "bersifat ilmu pelajaran".
Tutor - tutor adalah orang yang memberikan ilmu atau pengetahuannya.
Sebuah tutorial itu tidak hanya informasi semata. Di dalam sebuah tutorial banyak penjelasan yang di sampaikan namun sifatnya menantang. Itu sebabnya sebuah tutorial harus mampu memicu dan memacu seseorang untuk belajar secara mandiri.

Sekarang Internet bagaikan alam maya yang nyata, seperti postingan yang berjudul Kini kita berada di 2 dunia sekaligus. Banyak orang memanfaatkan Internet untuk mengasah dan mempertajam ilmunya, karena di Internet banyak sekali tutorial-tutorial yang siap dipelajari, jadi kita dapat belajar apa saja secara mandiri (Otodidak).

Cukup sampai di sini dulu tentang pengertian tutorial. Sebenarnya kata tutorial itu penjelsannya tidak sesingkat yang telah dijelaskan di atas, masih banyak penjelasan yang tidak ditulis. Tapi untuk pengetahuan dasar itu sudah cukup.

Tambahan: Jika suatu saat kita ingin menyampaikan sebuah tutorial yang perlu diingat adalah "Tutorial bukan hanya informasi semata".
Tutorial itu harus banyak mengandung penjelasan namun bersifat menantang agar orang yang mempelajari tutorial kita mendapat banyak pelajaran dan mudah mengerti apa yang telah kita sampaikan. Hal ini untuk mencegah rasa bosan orang yang mempelajari tutorial kita. Jika tutorial kita bagus dan mudah dimengerti maka orang akan ternanti-nanti dengan tutorial kita selanjutnya. Bila kita menyampaikan sebuah tutorial yang bagus/mudah di mengerti melalui sebuah Blog, hal ini akan membuat Blog kita sering dan terus dikunjungi.

Secara sadar bahwa Blog ini masih menyampaikan sebuah tutorial yang kurang tepat, tapi untuk kedepannya akan di perbaiki. Setiap tutorial yang akan disampaikan melalui blog ini diusahakan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Akhir kata Saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan yang berjudul Tutorial itu apa sich? Ini jawabannya.
Mungkin apa yang telah disampaikan tadi banyak kesalahan baik penulisan maupun penjelsan, sekiranya sudilah Anda melaporkannya dengan berkomentar.
Semoga bermanfaat smile

Artikel Terkait

Tulis Komentar

Thanks

Terima kasih telah mengunjungi sumber-informasi.com
Anda baru saja membaca artikel yang berjudul "Tutorial itu apa sich? Ini jawabannya".
Bagikan Artikel ini:
Twitter, Facebook, Reddit, Digg
Full URL:

Short URL:

Atau, jika Anda meng-copy/paste artikel ini silakan buat tautan sebagai referensi agar artikel Anda aman dari Google.
Tautan Referensi

Untuk mendapatkan artikel terbaru segera Daftarkan Email Anda.

Random post