Sumber Informasi

Menyediakan berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat serta belajar bersama secara online

Translate This Page UK flag | Mobile Version

WASPADA! Penipuan Menjelang Piala Dunia

WASPADA! Penipuan Menjelang Piala Dunia
WASPADA! Penipuan Menjelang Piala Dunia
Penggila bola, mendapatkan tiket gratis ke Brazil untuk menyaksikan Piala Dunia 2014 adalah hal yang diimpikan. Namun, tahukah Anda bahwa para penjahat Cyber atau penipu online sekarang sedang mempersiapkan bahkan sudah menyebarkan situs-situs scam dan malware yang bisa merugikan banyak orang.

Situs scam biasanya menyerupai situs-situs resmi Piala Dunia.
Tujuan utama dibuatnya situs-situs scam adalah untuk mendapatkan informasi pribadi Anda seperti username, password, nomor kartu kredit, rekening Bank, ATM, dll.
Sedangkan malware yang berhasil masuk ke komputer Anda akan membobol dan merusak software atau sistem operasi komputer Anda. Tujuannya hampir sama, yakni untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.

Berikut beberapa tips dari Kaspersky Lab agar terhindar dari situs scam dan malware yang memanfatkan ajang Piala Dunia:
  1. Selalu periksa dan pastikan dua kali keaslian sebuah situs sebelum Anda memberikan kredensial atau informasi rahasia apapun. Situs scam sengaja didesain agar mirip dengan situs aslinya.
  2. Meskipun situs dengan awalan "https" lebih aman dibanding situs dengan awalan "http", hal ini tidak berarti bahwa situs tersebut benar-benar aman karena para penjahat Cyber telah berhasil mendapatkan sertifikat SSL asli.
  3. Secara umum, hati-hati dengan pesan yang Anda terima dari pengirim yang tidak dikenal. Terlebih lagi, jangan mengklik tautan yang ada di email dari sumber yang Anda tidak yakini asalnya, dan jangan mengunduh atau membuka lampiran yang diterima dari sumber yang tidak jelas.
  4. Pastikan Anda memiliki perlindungan anti-malware terbaru yang memblokir situs-situs berbahaya.

"Di Brazil sendiri, kami mendeteksi 50-60 domain phishing baru setiap hari dan domain ini biasanya cukup canggih dan didesain dengan sangat ahli. Bahkan, pengguna biasa tidak akan mudah membedakan domain palsu dengan domain aslinya," pungkas Fabio Assolini, Senior Security Researcher, Global Research
and Analysis Team, Kaspersky Lab.


Sumber lain mengatakan:
"Konsekuensi menjadi korban scam ini bisa sangat serius. Tidak hanya Anda bisa menjadi korban penipuan dengan rekening bank yang dikosongkan oleh penipu-penipu ini, komputer Anda juga bisa saja terinfeksi malware," jelas Symantec, seperti yang dikutip dari DetikInet.


Demikian yang dapat disampaikan melalui blog Sumber Informasi tentang WASPADA! Penipuan Menjelang Piala Dunia.
Semoga bermanfaat smile.

Artikel Terkait

Tulis Komentar



Untuk mendapatkan artikel terbaru segera Daftarkan Email Anda.

Mesin Rafia's avatar

Mesin Rafia

yup, bener pisan...
waspada harus...!!!!


22 Jul 2014 - 20:49
180.253.241.34
Jawab

Comments

Tulis Komentar di artikel WASPADA! Penipuan Menjelang Piala Dunia
Nama :

Surel :

Situs url :

Komentar :

Kode : kq5gv


Bbcode HIDUP | Smiley HIDUP
Pencarian

Blog Judul Komentar
 
Arsip
Statistik
Online : 9
Hits: 1178/5329003
Hosts: 195/1730739