Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Pengertian Transaksi Penjualan Dan Alur Lengkapnya


Sumber-Informasi.com - Terjadinya jual beli mempunyai alur yang panjang dari penawaran barang hingga laporan keuangan dari transaksi tersebut. Setiap prosesnya perlu mengikuti alur yang tepat, sehingga bisa terjadi transaksi yang menguntungkan untuk bisnis. Salah satu transaksi yang perlu diketahui dan dipelajari adalah transaksi penjualan yang juga mempunyai alur lengkap yang perlu untuk diikuti agar membuat transaksinya dapat berhasil dan menguntungkan.

Pengertian dari Transaksi Penjualan

Transaksi penjualan dapat diartikan sebagai tahapan dari awal hingga akhir untuk produk dapat diterima oleh konsumen dari aktivitas penjualan yang dilakukan. Di dalam proses penjualan perlu mempunyai beberapa hal yang dilewati yaitu dari penawaran barang, dibayarnya barang tersebut oleh pembeli, dan pembeli yang mendapatkan barang yang telah dibayarnya tersebut. Proses pembayaran dan diterima barang tersebut merupakan rangkaian yang ada di dalam transaksi penjualan dan merupakan fondasi dari hubungan bisnis antara pembeli dan penjual.

Setiap transaksi perlu untuk dicatat dengan baik yang bisa digunakan untuk berbagai hal, yang meliputi:

  • Transaksi penjualan perlu untuk mempunyai pencatatan yang baik karena perlu digunakan untuk melakukan analisa bisnis. Evaluasi bisnis perlu dilakukan dalam setiap fasenya, biasanya adalah bisa dilakukan untuk evaluasi bulanan yang dilakukan berdasarkan laporan penjualan yang dipunyai. Analisa bisnis dapat digunakan untuk meningkatkan berjalannya bisnis menjadi lebih optimal.
  • Laporan bisnis juga perlu dibuat dari setiap penjualan yang lengkap sudah dicatat dengan baik yang dapat digunakan untuk membuat kepuasan pelanggan dapat tetap terjaga dan dapat meningkat. Kepuasan bisnis akan mempengaruhi hasil bisnis yang lebih baik, sehingga perlu dijaga dengan baik agar bisa membuat pelanggan tetap merasa puas dan tetap menggunakan barang yang ditawarkan.
  • Laporan mengenai catatan penjualan bisnis juga bisa membuat usaha menetapkan strategi yang lebih tepat untuk digunakan, sehingga membuat posisi pasar yang dipunyai bisnis Anda dapat meningkat.

Transaksi penjualan perlu dicatat dengan baik karena merupakan catatan penting yang bisa digunakan untuk banyak hal seperti di atas. Setiap transaksi yang didapatkan dari penjualan bisa menunjukkan data mengenai pengalaman yang dipunyai oleh konsumen. Apabila pelanggan melakukan repeat order, maka bisa diartikan bahwa konsumen yang puas dengan barang yang Anda berikan. 

Setiap transaksi dari penjualan yang didapatkan tersebut akan di akumulasi dalam periode waktu tertentu, sehingga bisa membantu untuk mengetahui performa yang dipunyai oleh usaha dari banyaknya penjualan barang yang berhasil dilakukan. Banyaknya penjualan tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan analisa yang tepat untuk menentukan arah bisnis yang lebih menguntungkan dan tepat kedepannya.

Alur Lengkap dari Transaksi Penjualan

Transaksi penjualan mempunyai alur yang bisa diikuti untuk mempunyai pencatatan yang baik bisa untuk dilakukan. Alur penjualan bisa diikuti sehingga akan lebih mudah untuk melakukan penjualan produk untuk mendapatkan keuntungan. Setiap proses dari penjualan mempunyai peran yang penting untuk keuntungan bisnis yang bisa didapatkan dan membuat bisnis dapat berjalan dengan lebih efisien.

Alur lengkap dari proses penjualan yang perlu diikuti adalah berikut ini:

  • Proses yang pertama adalah menerima pesanan yang datang dari berbagai cara. Pesanan bisa didapatkan dari online dan juga toko fisik yang Anda punyai.
  • Proses selanjutnya adalah mengelola dan memproses pesanan yang datang tersebut untuk menyediakan barang yang diinginkan oleh pembeli.
  • Alur selanjutnya adalah mengirimkan barang sesuai dengan keinginan yang dipunyai oleh konsumen. Pengiriman perlu menggunakan metode yang tepat dan melakukan pengemasan dengan tepat.
  • Pembayaran dapat dilakukan sebelum atau sesudah tergantung dari persetujuan pembeli dan penjual. Pada umumnya pembeli bisa memberikan DP di awal, dan setelah barang diterima baru melunasi sisa pembayaran dari harga barang yang dibeli.
  • Alur yang terakhir adalah melakukan pencatatan penjualan dengan membuat laporan keuangan.

Alur transaksi penjualan perlu diikuti agar mempunyai laporan keuangan yang akurat bisa dimiliki. Anda bisa mengikuti alur tersebut yang dibantu dengan aplikasi keuangan yang tepat seperti dari Merchant BCA. Aplikasi dari bank BCA untuk merchant bisa membantu untuk mengelola keuangan bisnis yang dimiliki, sehingga bisa melakukan analisa bisnis dari hasil penjualan dengan lebih mudah. Dapatkan laporan keuangan yang datanya akurat dan lengkap dengan mengunduh aplikasi Merchant BCA di link ini


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Pengertian Transaksi Penjualan Dan Alur Lengkapnya"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News